Pajak Bulanan Pelanggan IndiHome
Perlu digarisbawahi bahwa harga yang tertera merupakan harga normal. Dan itu belum termasuk dengan PPN.
PPN ini sudah dijelaskan dalam syarat dan ketentuan. Artinya, Anda pun harus menyelesaikan pembayaran pajak setiap bulannya.
Pajak yang dibebankan untuk setiap pengguna sekitar 10% dari nilai total biaya IndiHome perbulan yang tertera dalam pembelian produk. Contohnya bila Anda membeli paket yang harganya sekitar Rp275.000, maka PPN 10% nya adalah Rp27.500.
Ini artinya, Anda perlu membayar tagihan bulanan dengan menambahkan harga normal dengan PPN. Hasilnya, biaya langganan yang ditagihkan untuk pelanggan di bulan berikutnya adalah Rp302.500.
Semakin besar nilai paketnya, tentu PPN akan lebih besar. Dan ini pun harus dibayarkan. Maka dari itu, penting bagi calon pelanggan untuk menghitungnya terlebih dahulu.
Minimal, pelanggan mengetahui secara pasti mengenai jumlah tetap dari biaya IndiHome perbulan yang dibelinya. Jadi, nantinya pelanggan tidak menilai bahwa provider ini melakukan kesalahan perhitungan.
Ketika sudah berlangganan, pelanggan terhitung sudah memiliki kewajiban untuk memenuhi ketentuannya. Yakni, memiliki tanggung jawab untuk selalu rutin dalam membayar tagihan atas penggunaan layanan internet.
Khusus untuk indihome sendiri, provider ini sudah memberikan tenggat waktu yang memungkinkan pelanggan tidak sampai melewatkan masa pembayaran. Jika melewatinya, denda keterlambatan pembayaran akan diberlakukan.
Mengenai waktunya sendiri, indihome sudah memberikan ketentuan sendiri. Pembayaran bisa dimulai pada awal bulan hingga tanggal 20 di bulan berikutnya dengan nilai yang sudah disepakati. Yakni, biaya normal dengan tambahan pajak.
Ketika tagihan ini tidak segera dilunasi, pelanggan akan dikenai denda. Contohnya pelanggan lupa sehingga memungkinkannya untuk membayarnya pada tanggal 21.
Pelanggan ini akan mendapatkan denda sebagaimana yang disyaratkan. Besaran denda di kisaran 5% dari total tagihan biaya IndiHome perbulan. Artinya, Anda pun harus keluar biaya lebih banyak.
Menyadari akan adanya ketentuan ini, pihak indiHome meminta agar pelanggan lebih memaksimalkan waktu yang ada. Setidaknya, bayar tagihan IndiHome sebelum jatuh tempo. Dengan begitu, pembayaran tagihan ini akan lebih ringan.
Penyebab Tagihan IndiHome Membengkak
Ada beberapa alasan yang membuat tagihan indihome ini terus mengalami pembengkakan. Tentu saja, ini tidak diharapkan oleh setiap pelanggan mana pun. Karena, pelanggan sebenarnya ingin memaksimalkan layanan dengan biaya yang disepakati sebelumnya.
Meskipun begitu, terkadang ada beberapa hal yang bisa membuat tagihan ini di luar dari kesepakatan. Dan masalah utamanya berasal dari kebiasaan pelanggan itu sendiri. Hanya saja, terkadang situasi ini tidak disadarinya.
Salah satu alasan mengapa tagihannya membengkak disebabkan oleh denda keterlambatan. Denda ini paling sering dialami oleh pelanggan. Padahal, provider sebenarnya sudah menjelaskan tentang batas aman untuk melunasi tagihan,
Denda keterlambatan ini sekitar 5% dari tagihan paket. Ketika biayanya sudah mahal, tentu pelanggan pun akan mendapati nilai tagihan yang cukup besar.
Semakin parahnya, nilai ini akan terus bertambah di bulan berikutnya. Meskipun pelanggan tidak memutuskan layanan, tetap bulan berikutnya akan ditagihkan dendanya. Bahkan, dilipatgandakan sebagaimana ketentuan awal. Misalnya bulan kedua diberlakukan tambahan 5% yang artinya pelanggan mendapatkan denda sekitar 10%.
Penyebab lainnya, pelanggan tergiur untuk upgrade paket. Ini pun sering terjadi ketika pelanggan menilai jika kecepatan yang didapatkan tidak sesuai harapan.
Alasannya, kecepatan internet yang seharusnya nyatanya tidak diselaraskan dengan kemampuannya. Contohnya kecepatan 10 Mbps yang hanya sesuai untuk 2-3 pengguna, tetapi pelanggan memanfaatkannya untuk menghubungkan perangkat lebih dari 3.
Otomatis, kecepatannya tidak akan stabil. Pada akhirnya, pelanggan biasanya akan menghubungi sales. Dan sales biasanya akan merekomendasikan untuk meningkatkan paket.
Jika sudah menaikkan paket, Maka biaya IndiHome perbulan ini akan meningkat. Dan ini dimulai sejak pelanggan meningkatkan jenis paketnya.
Sementara sisanya adalah membeli kecepatan. Ini berlaku bagi pelanggan yang sudah menggunakan kuota lebih dari FUP. Ketika menurun, solusinya ialah membeli kecepatan yang nilainya akan ditagihkan pada bulan berikutnya.
Cara Meminimalkan Pembengkakan Tagihan IndiHome
Sebagai pengguna, tentu saja keinginannya adalah bisa menikmati layanan dengan nilai yang sudah disepakati. Namun karena alasan tertentu, ada kalanya jika pelanggan harus membayar tagihan lebih besar dari nilai sebelumnya.
Tidak mau mengalami hal semacam ini, ada tips khusus yang sebaiknya Anda terapkan. Dan ini tentunya sangat membantu dalam meminimalkan pembengkakan biaya internet tersebut.
Cara yang paling mudah ialah disiplin dalam melakukan pembayaran. Setidaknya, lakukan pembayaran paling akhir pada tanggal 20 di tiap bulannya. Atau yang paling mudah, bayar tagihan sebelum jatuh tempo.
Tujuannya tidak lain untuk menghindari risiko denda. Karena persentase denda ini kecil, namun nilainya tetap besar ketika total harga paketnya cukup tinggi.
Selain itu, pastikan untuk tidak tergiur dengan keputusan untuk menaikkan paket. Apa pun alasannya. Karena keputusan ini biasanya akan membuat Anda kesulitan dalam melakukan pembayaran.
Betapa tidak, nilai yang ditagihkan akan meningkat dibandingkan paket sebelumnya. Dan ini sifatnya permanen jika Anda tidak memutuskan untuk mendowngrade jenis paket.
Cara lainnya ialah membatasi penggunaan internet. Setidaknya, usahakan agar pemakaian internet ini tidak sampai menyentuh batas FUP.
Jika menyentuh atau melewati batas FUP, kecepatan internet akan diturunkan. Biasanya, inilah yang membuat pengguna akan kalap. Kemudian memutuskan untuk membeli kecepatan yang nantinya wajib dibayar di bulan berikutnya.
Masalahnya, pembelian kecepatan ini relatif lebih mahal. Dan kisaran waktunya sangat pendek. Yakni hanya bisa digunakan untuk 1, 3 hingga 7 hari.
Bila Anda masih menyisakan waktu cukup lama, Maka Anda akan melakukan pembelian kecepatan beberapa kali. Pada akhirnya, tagihan bulanan ini akan membengkak. Bahkan, Anda akan kesulitan sendiri untuk melunasinya.
Cara Mengetahui Total Tagihan IndiHome
Ada kalanya jika pelanggan kurang memahami nilai keseluruhan dari biaya yang diwajibkan untuknya. Untuk memastikan berapa besar biaya IndiHome perbulan yang dimilikinya, pelanggan bisa melakukan pengecekan dengan beberapa metode berikut ini.
Mengecek Tagihan Lewat MyIndiHome Apps
Apabila Anda sudah berlangganan indihome, provider ini menyarankan setiap pelanggan untuk menginstall aplikasi MyIndihome. Fungsinya tidak lain untuk memudahkan pelanggan dalam mengetahui seluk beluk dari layanan.
Mulai dari jenis paket yang dibeli, jumlah tagihan yang wajib dibayarkan, kapan waktunya, hingga pembelian fitur tambahan yang mungkin dibutuhkan.
Lantas, bagaimana cara memeriksanya? Caranya sangat simpel. Anda hanya cukup masuk atau login ke aplikasi tersebut.
Sebelum bisa login, Anda perlu mendaftarkan akun di aplikasi tersebut. Pendaftaran ini meminta Anda untuk memasukkan alamat email hingga nomor HP. Bahkan, melampirkan identitas diri yang sebenarnya sudah direkam namanya di sistem indihome.
Jika sudah, Anda cukup masuk dengan akun yang sudah dibuat. Dari sini, Anda tinggal menekan profil dari akunmu. Kemudian, tekan menu tagihan.
Hanya beberapa detik saja, Anda akan langsung mengetahui total tagihan di bulan berikutnya. Bahkan, Anda pun mengetahui tentang Batasan pembayaran tagihan sehingga Anda dapat terhindar dari keterlambatan pembayaran.
Memeriksa Tagihan IndiHome Melalui Website Resmi
Bagaimana jika pelanggan tidak mau menginstall aplikasi? Solusinya adalah memanfaatkan website resmi indihome untuk pengecekan total biaya IndiHome perbulan.
Caranya pun sangat mudah. Anda cukup mengakses website resminya. Kemudian, gunakan email atau nomor handphone yang sudah Anda daftarkan sebagai pelanggan di plasa Telkom.
Jika sudah, gunakan salah satunya. Misalnya apakah menggunakan email atau memanfaatkan nomor handphone untuk kebutuhan login.
Apabila menggunakan nomor Handphone, Anda akan dikirimi dengan kode OTP. Silahkan ikuti panduannya sesuai dengan arahan sistem.
Ketika sudah diselesaikan dan Anda dapat memasuki halaman masuk website resminya, Anda tinggal menekan profilmu. Kemudian, pilih menu tagihan yang tersedia.
Setelah menu ini ditekan, sistem akan memunculkan total tagihan di bulan ini. Anda tinggal mempersiapkan biaya untuk melunasinya sebelum tanggal 20. Maka, Anda akan bebas dari denda.
Memeriksa Total Tagihan IndiHome Lewat SMS
Metode terakhir untuk mengetahui jumlah tagihan atas penggunaan layanan indihome adalah melalui SMS. Cara ini pun cukup simpel. Bahkan, tidak membutuhkan akses masuk ke website resmi atau pun aplikasi.
Informasi yang didapatkan pun lebih akurat. Bahkan, prosesnya lebih cepat sehingga cukup memberi kenyamanan.
Mengenai caranya, silahkan buka menu pesan. Kemudian ketikan format EBS (spasi) email (spasi) no telepon atau nomor indihome.
Setelah itu, kirimkan ke (021)70757147. Anda akan segera mendapatkan balasan yang menjelaskan total biayanya. Setiap kali melakukan pengecekan, Anda akan dikenai dengan biaya pengiriman pesan.
Selain menggunakan cara ini, Anda pun dapat melakukan pemeriksaan dengan menghubungi Call Center. Di sini, siapkan nomor indihome. Kalau sudah, hubungi dan tanyakan pada CS. Maka, CS akan menunjukkan nominal tagihan saat itu juga.
Di Mana Pelanggan Membayar Biaya Bulanan IndiHome?
Indihome telah bekerja sama dengan banyak mitra. Ini dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk melakukan pembayaran tagihan di tiap bulannya.
Sejauh ini, pelanggan bisa melunasi tagihan dari berbagai tempat. Salah satu yang paling mudah adalah datang ke Plasa Telkom. Tentunya, ini bisa dilakukan ketika Anda punya banyak waktu dan kantornya dekat dengan rumah.
Apabila jauh, cukup manfaatkan pembayaran di Indomaret atau Alfamart. Mitra ini pun melayani pelanggan untuk melunasi tagihannya. Hanya saja, Anda akan dikenai biaya tambahan yang disediakan oleh mitra.
Selain itu, Anda pun dapat melakukan pembayaran langsung melalui perbankan. Cara paling mudah ialah dengan memanfaatkan internet banking. Cara ini memungkinkan Anda untuk membayar kewajiban dari mana saja dan kapan pun.
Bisa juga, Anda dapat memanfaatkan mesin ATM untuk pembayaran indihome. Semua jenis perbankan sudah support untuk membayar tagihan tersebut.
Selain di tempat tersebut, Anda pun masih memiliki kesempatan untuk melakukan pembayaran ini di situs ecommerce. Situs jual beli ini pun sudah memfasilitasi pelanggan untuk melakukan pembayaran dalam hitungan menit. Kuncinya, Anda hanya perlu menunjukkan nomor indihome.
Cara Mendapatkan Potongan untuk Tagihan IndiHome
Ada cara menarik yang terbilang lebih menguntungkan untuk membayar tagihan indihome. Cara tersebut memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk mendapatkan potongan pembayaran.
Cara yang paling mudah adalah memanfaatkan voucher atau kode potongan dari marketplace. Biasanya, marketplace atau e-commerce ini sering memberikan potongan pembayaran bagi pelanggannya.
Anda hanya perlu mengikuti salah satunya. Setidaknya, Anda punya akun di salah satu situs ecommerce yang sudah menjadi mitranya.
Usahakan agar tidak membayar tagihan lebih awal. Alasannya, situs ini biasanya menawarkan potongan harga ketika sudah berdekatan dengan masa jatuh tempo.
Artinya, Anda akan lebih mudah untuk menemukannya ketika sudah mendekati waktu terakhir. Biasanya seminggu sebelum jatuh tempo, situs tersebut memberikan diskon pada seluruh pelanggannya.
Silahkan gunakan kode tersebut dan lakukan pembayaran melalui situs tersebut. Hasilnya, Anda akan mendapatkan keringanan sekian persen.
Itulah kurang lebih informasi mengenai biaya IndiHome perbulan. Biaya langganan ini sesuai dengan paket yang dijumlahkan dengan PPN sebesar 10%.