Mungkin sebagian orang menilai jika paket wifi IndiHome perbulan yang dibeli terlalu mahal. Ketika memasuki bulan berikutnya, pelanggan merasa kesulitan dalam melakukan pelunasan.
Kondisi ini tentunya kurang mengenakkan. Untuk itulah, pelanggan biasanya akan memutuskan untuk menurunkan paketnya.
Apabila ini yang diharapkan, penuhilah beberapa persyaratannya. Tujuannya supaya permohonan ini bisa disetujui oleh provider.
Ketentuan yang paling utama berkaitan dengan penggunaan layanan internet itu sendiri. Setiap pelanggan bisa merubah paketnya ketika sudah berlangganan lebih dari 3 bulan. Hal ini terhitung sejak teknisi melakukan instalasi di rumah.
Sebelum langganannya mencapai 3 bulan, tampaknya provider ini masih membatasi. Dengan kata lain, permohonan untuk melakukan perubahan paket agak dipersulit.
Sementara itu, pelanggan pun wajib melunasi tagihan sebelumnya. Usahakan agar rutin dan disiplin dalam melakukan pembayaran.
Disiplin dalam membayar memungkinkan provider lebih percaya. Nantinya, permohonan atas penurunan paket akan diverifikasi lebih cepat. Pada akhirnya, Anda akan mendapati paket dengan tagihan bulannya yang lebih murah dari sebelumnya.
Kontrak Langganan IndiHome
Pada dasarnya, indihome sudah memberlakukan kebijakan perihal kontrak berlangganan pada seluruh pelanggannya. Kontrak ini sebaiknya dipenuhi oleh pelanggan. Jika tidak, ada risiko yang dapat ditanggung oleh pelanggan.
Risiko yang dimaksud adalah denda senilai 1 juta rupiah. Denda ini berlaku bagi pelanggan yang memutuskan berhenti sebelum masa kontrak berakhir. Tentunya dengan catatan bahwa pelanggan tidak bisa memberikan alasan yang bisa diterima.
Berbeda ketika alasannya masuk akal, ada kemungkinan jika denda ini bisa dihindari. Artinya, Anda bebas denda meskipun memutuskan untuk berhenti langganan sebelum masanya.
Contohnya pelanggan akan pindah alamat ke rumah yang sangat jauh. Ini tentunya tidak memungkinkan bagi provider untuk memindahkan jaringan ke tempat lain. Alasannya, tidak memungkinkan untuk menarik kabel cukup jauh yang bisa menghabiskan biaya cukup banyak.
Hanya saja, pelanggan wajib memberitahukannya. Tujuannya supaya provider dapat memahami situasinya. Dengan begitu, denda dari pemutusan ini bisa ditiadakan untuk pelanggan tersebut.
Mengenai kontraknya sendiri, indihome telah mengikat pelanggan selama 12 bulan. Ini terhitung sejak permohonan instalasi disetujui oleh pihak provider.
Kontrak ini sifatnya mengikat. Ketika pelanggan sudah berlangganan, kewajiban dan haknya dalam menggunakan layanan harusnya dipenuhi.
Apabila memutuskan untuk berhenti tanpa sebab, pelanggan akan dikenai denda. Selain itu, perangkat yang dipinjamkan wajib dikembalikan. Berikut dengan melunasi tagihan/tunggakan yang belum dibayarkan pada bulan berjalan.
Berhenti Langganan Karena Pindah Alamat
Pada dasarnya, Indihome memberi kelonggaran bagi pelanggannya untuk melakukan berbagai hal. tidak terkecuali dengan berhenti berlangganan lantaran pindah alamat.
Keputusan ini bisa dilakukan tanpa harus terkena denda. Hanya saja, ada ketentuan yang harus dipenuhi oleh pelanggan.
Pertama, pelanggan wajib melunasi tagihan berjalan. Ini kaitannya dengan biaya WiFi IndiHome Perbulan namun tidak sampai seutuhnya.
Hal ini bergantung pada kapan waktu pelanggan berhenti. Jika permohonannya persis pada waktu jatuh tempo, pelanggan hanya perlu membayar tagihan bulanan secara penuh.
Sebaliknya jika berhenti di tengah bulan, biaya berjalan akan ditagihkan. Nilainya sudah dihitung sehingga pelanggan tidak perlu kerepotan untuk melakukan perhitungan atas biaya pengakhiran tersebut.
Kedua, pelanggan wajib menyertakan informasi tentang kepemilikan instalasi. Pemberitahuan ini ditujukan untuk kebutuhan konfirmasi.
Ketika pelanggan tidak melakukannya, tentu provider akan mengabaikannya. Maka, permohonan ini akan ditolak. Nantinya, tagihannya akan terus berjalan meskipun jaringan ini tidak digunakan sama sekali.
Ketiga, wajib mengembalikan perangkat jaringan ketika proses pengakhiran disetujui. Perangkat yang dimaksud adalah modem hingga STB jika ada. Karena, perangkat ini sifatnya disewakan pada pelanggan.
Apabila semuanya terpenuhi, pelanggan bisa terhindar dari ketentuan denda. Dan ini tentunya sangat menguntungkan.
Menariknya, pelanggan tidak akan dipersulit ketika memohon pemasangan jaringan di tempat baru. Karena status pelanggan tersebut tidak dalam daftar hitam.
Bagaimana Jika Tidak Melunasi Tagihan?
Pelunasan atas biaya WiFi IndiHome Perbulan ini merupakan kewajiban dari setiap pelanggan. Tentunya, ini harus dibayarkan secara utuh sesuai dengan ketentuan.
Meskipun nilainya tinggi, tetap saja pelanggan punya kewajiban yang sama. Untuk itulah, diperlukan penyisihan uang agar pelunasannya tidak terasa memberatkan.
Bila pelanggan tidak melakukan pelunasan, ada beberapa sanksi yang akan diberikan. Sanksi ini akan diberlakukan secara bertahap.
Pertama, jaringan internet akan diisolir sementara waktu. Isolir ini memungkinkan pelanggan tidak dapat melakukan browsing atau semacamnya menggunakan jaringan yang sudah ada.
Meskipun statusnya terhubung, tetap saja pelanggan tidak dapat menggunakannya. Masalahnya, tagihan ini akan terus berjalan dan menumpuk.
Sederhananya, tagihannya akan terus bertambah. Karena, Anda dianggap masih pelanggan walaupun status jaringannya dalam kondisi isolir.
Kedua, pemutusan atau pencabutan layanan. Pemutusan ini akan diberlakukan ketika pelanggan tidak membayar layanan ini selama 2-3 bulan penuh.
Pemutusan ini mengharuskan pelanggan untuk segera mengembalikan perangkatnya. Kemudian, pelanggan akan diminta untuk melunasi seluruh tagihan atau biaya wifi IndiHome. Tentunya beserta dengan denda keterlambatan yang menjadi kebijakan dari provider.
Yang paling tidak mengenakkan, ada denda pemutusan bila Anda tidak melanjutkan layanan sebelum kontrak berlangganan berakhir. Sederhananya, denda ini berlaku ketika Anda memutus jaringan di tengah kontrak.
Dendanya sebesar 1 juta rupiah. Tagihan ini akan diminta oleh provider. Dan ini menjadi kewajiban dari pelanggan yang mana telah tercantum dalam surat perjanjian. Tepatnya telah ditandatangani saat pelanggan mengajukan instalasi indihome di awal.
Demikianlah informasi mengenai biaya WiFi IndiHome Perbulan. Biaya keseluruhan secara umum hanya meliputi harga paket yang ditambah dengan PPN 10%.