Cara Mengetahui Penuh Tidaknya ODP
Masyarakat tidak dapat melakukan pemasangan terhadap paket IndiHome unlimited ketika ODP (Optical Distribution Point) tidak tersedia di wilayahnya. Begitu pula jika ODP ini sudah penuh. Sekedar informasi saja, ODP ini merupakan tempat untuk terminasi kabel. Perangkat ini diperlukan untuk membagi kabel Fiber Optic menjadi beberapa saluran. Tepatnya, kabel yang disalurkan ke beberapa pelanggan di suatu wilayah.
ODP sendiri berbentuk kotak, terpasang di sekitar tiang listrik. Nantinya, ODP ini akan diisi oleh sejumlah kabel FO sebagaimana mestinya. Yang harus dicermati, calon pelanggan perlu mengetahui jumlah kabel FO tersebut. Ketika jumlahnya sudah 8 pengguna, bisa dipastikan jika ODP ini tidak lagi cukup untuk ditambahkan lagi kabel FO.
Singkatnya, seseorang tidak bisa lagi untuk memasang jaringan. Terkecuali bila menempuh upaya lain yang disebutkan di bawah. Untuk mengetahui penuh tidaknya saluran di ODP, Anda bisa melakukan pemeriksaan. Cara paling mudah, Anda bisa memperhatikan pada perangkat tersebut.
Cukup hitung berapa banyak FO yang terpasang. Jika jumlahnya belum 8 buah, bisa dipastikan jika Anda masih punya kesempatan untuk menggunakannya. Sebaliknya jika sudah 8 buah, ini menandakan jika jaringannya sudah penuh. Pada akhirnya, Anda tidak bisa menarik kabel dari perangkat tersebut. Selain menghitung dengan cara manual, Anda pun dapat melakukan pemeriksaan dengan menghubungi Call justify. Hubungi 147 dengan meletakkan kode area terlebih dahulu. Lantas, tanyakan mengenai ketersediaan jaringan yang berada di sekitar tempat tinggal Anda.
Solusi Ketika ODP Penuh
Terbatasnya jumlah ODP di sekitar bukan menjadi penghalang ketika Anda serius untuk berlangganan paket IndiHome unlimited. Karena kenyataannya, ada beberapa solusi yang dapat Anda tempuh. Meskipun penuh, Anda masih punya kesempatan untuk melakukan pemasangan. Cara yang dapat dilakukan adalah melakukan penyambungan kabel dari ODP yang sedikit lebih jauh.
Ini bisa menjadi solusi pertama yang memungkinkan Anda dapat melakukan pemasangan. Namun begitu, Anda harus siap dengan biayanya. Diketahui bahwa indihome unlimited hanya menyediakan kabel dengan panjang tertentu. Dalam beberapa website informasi, jarak kabel yang disediakan gratis sekitar 50 meter.
Jika jaraknya lebih dari itu, calon pelanggan diharuskan untuk membiayai pembelian kabel sendiri. Singkatnya, calon pelanggan perlu menambah biaya untuk pembelian kabel tambahan menuju rumahnya. Kalau mau lebih hemat, ada solusi paling murah. Anda bisa patungan dengan tetangga yang sudah melakukan pemasangan. Anda hanya perlu berbicara dengan tetangga terkait pembagian layanan seperti meminta passwordnya.
Bila paketnya hanya terbatas untuk beberapa pengguna, tidak ada salahnya untuk mempertinggi jenis paketnya. Lagi-lagi, Anda perlu mendiskusikannya. Kemudian, cobalah untuk meningkatkan kualitas sinyalnya. Contohnya dengan memasang repeater di rumah Anda. Nantinya, sinyal yang dipancarkan pun jauh lebih stabil meskipun jaraknya cukup jauh.
Apabila ini tidak ingin dilakukan, cara terakhirnya adalah mengajukan permohonan atas penambahan ODP. Dan ini bisa menjadi solusi yang paling bagus lantaran Anda pun dapat menikmati layanan yang sama tanpa harus patungan dengan tetangga.
Trik Supaya ODP Tambahan Segera Dipasang
Pihak Telkom terbuka untuk menerima pengajuan terhadap penambahan ODP. Tetapi, pastikan jika Anda dapat meyakinkannya. Biasanya, Telkom membutuhkan cukup banyak orang yang dinilai potensial untuk menambahkan perangkat tersebut. Artinya, Anda seharusnya tidak sendiri ketika memohon penambahan perangkat.
Penambahan ODP biasanya akan disetujui ketika jumlah orang yang ingin berlangganan cukup banyak. Jumlah calon pelanggan minimum setidaknya sekitar 20 orang. Kurang dari itu, Telkom biasanya akan mengulur waktu atau tidak menyetujuinya. Supaya perangkat segera dipasang, cobalah untuk mempersiapkan 20 orang lebih. Kemudian, lakukan voting di halaman resminya.
Ketika jumlahnya sudah sesuai persyaratan, Telkom akan memproses secepat mungkin. Proses pemasangan biasanya memakan waktu sekitar 3-5 hari. Terhitung setelah Anda memberikan data terkait calon pengguna yang akan melakukan pemasangan. Lantas, di mana Anda dapat mengajukan permohonan tersebut? Anda bisa mengajukannya secara online melalui website resminya. Atau, bisa juga dengan menghubungi layanan interaktif atau pun datang ke Plasa Telkom.
Selepas mendapatkan jawabannya, perangkat akan terpasang. Anda pun dapat melakukan pemasangan atas paket IndiHome unlimited yang diharapkan. Provider pun akan menyediakan sejumlah perangkat sesuai dengan jenis paketnya.
Syarat Registrasi Paket Indihome Unlimited
Setelah ODP baru terpasang, jika ingin registrasi paket IndiHome unlimited usahakan agar tidak menunggu waktu lebih lama. Alasannya, cukup banyak orang yang membutuhkannya. Jika membuang waktu, tidak menutup kemungkinan jika ODP akan penuh lagi. Maka, Anda perlu mengulangi cara agar memperoleh penambahan ODP baru di tempat Anda.
Segeralah untuk melakukan pembelian paket IndiHome. Kuncinya, tentukan jenis paket IndiHome unlimited yang memang Anda butuhkan. Jika sudah, siapkan persyaratan utamanya. Syarat registrasinya tidak banyak. Anda cukup membawa fotokopi KTP, foto setengah badan dengan memegang KTP, serta memfoto rumah yang akan dipasangi jaringan.
Kemudian, jangan lupa untuk menyediakan alamat email dan nomor telepon aktif. Keduanya diperuntukkan sebagai konfirmasi. Misalnya ada pemberitahuan dari provider, pemberitahuan ini akan diinformasikan melalui salah satu dari media tersebut. Setelah menyediakannya, bawalah ke Plasa Telkom. Petugas akan segera memproses permohonan Anda. Nantinya, teknisi akan dikirim untuk melaukan instalasi jaringan ke rumah.
Lama Proses Pemasangan Jaringan
Ketika permohonan disetujui oleh provider, provider biasanya tidak menunggu waktu yang lama dalam mengirimkan teknisinya. Biasanya, jarak yang sudah diketahui ini memungkinkan perangkatnya sesuai kebutuhan. Teknisi biasanya datang tidak sampai 24 jam setelah pengajuan. Anda hanya perlu menunggunya di rumah. Khususnya ketika Anda sudah mendapatkan informasi dari provider.
Provider ini menyediakan teknisi yang professional. Pemasangannya pun sangat cepat. Normalnya, jaringan sudah berhasil dipasang setelah 1-2 jam. Pemasangan ini sifatnya gratis. Ketika dipungut biaya oleh teknisi, Anda tidak perlu mengindahkannya. Karena seluruh biaya sebenarnya hanya ditagihkan oleh provider.
Apabila teknisi mengambil kesempatan, segeralah untuk menghubungi call justify. Biarkan provider yang menindaklanjutinya. Karena biaya pemasangan secara tunai hanya berlaku di Plasa Telkom. Tetapi bila Anda ingin memberikan uang sebagai tanda terima kasih, itu tidak masalah. Tentunya, bukanlah sebuah pelanggaran.
Kapan Tagihan Pertama Diberlakukan?
Tagihan pertama akan diberlakukan sewaktu instalasi sudah diselesaikan. Tagihan yang dimaksud berupa biaya pemasangan yang harus dibayarkan langsung ke nomor rekening Plasa Telkom. Biaya pasangnya sekitar Rp500.000 untuk segala macam paket IndiHome unlimited. Dan ini merupakan kebijakan baru. Dengan membayarnya, status internet akan diaktifkan saat itu juga.
Biaya ini hanya berlaku sekali. Setelahnya, pelanggan hanya berkewajiban untuk membayar tagihan bulanan. Nilainya sesuai dengan harga paket IndiHome unlimited yang ditambahkan dengan PPN. Semuanya sudah terakumulasi dalam satu tagihan penuh. Anda dapat memeriksanya di aplikasi di mana status langganan Anda tampil.
Jatuh temponya dari tanggal 5-20 di tiap bulannya. Lebih dari tanggal tersebut, ada denda keterlambatan. Maka dari itu, pastikan melunasi tagihan sebelum batas akhir pelunasan tagihan bulanan. Itulah informasi yang Anda butuhkan terkait paket IndiHome unlimited. Pelajari jenisnya, serta tentukan sesuai kebutuhan. Jika jaringan belum tersedia, ajukan penambahan ODP agar instalasi jaringan ke rumah dapat dilakukan tanpa menambah biaya lebih besar.