Cek No Indihome yang Baru Dipasang
Selagi Anda baru saja melakukan pemasangan, Anda tentunya perlu mengetahui nomor identitas pelanggan. Pasalnya, nomor ini akan selalu dibutuhkan selama berlangganan.
Contohnya bila ingin melakukan pembayaran lewat mitra indihome atau perbankan, Anda diminta untuk memasukkan nomor indihome. Tujuannya supaya tidak salah dalam melakukan pelunasan.
Untuk mengetahui nomor ID ini, pelanggan sebenarnya dapat mengetahuinya dengan sangat mudah. Cukup cermati nomor yang tertera pada router.
Biasanya, teknisi akan menuliskan nomor ID ini tepat di bagian router. Jumlahnya sekitar 12 angka. Jadi, Anda tidak akan keliru untuk mengenalinya.
Apabila nomor ini tidak dituliskan oleh teknisi, Anda bisa menggunakan alternatif lainnya. Yakni melakukan pemeriksaan di layanan aplikasi MyIndiHome.
Buka akun terlebih dahulu. Login dan tekan lihat lebih detail. Setelah itu, akses masuk ke info layanan. Hasilnya, nomor indihome akan tampil.
Cek Kuota Berjalan yang Telah Digunakan
Selama aktivitas Anda cukup sering di internet, Anda tentunya ingin melihat apakah kuota yang dihabiskan sebelumnya masih cukup untuk kebutuhan satu bulan atau tidak. Kalau habis, pelanggan bisa memberikan ancang-ancang untuk melakukan pembelian kecepatan.
Ada juga yang memerlukan upgrade supaya layanan ini tidak serba kekurangan. Ketika melakukan upgrade, tarif WiFi Telkom IndiHome ini pun akan berubah.
Diasumsikan Anda ingin mengetahui jumlah kuota yang berjalan, caranya sangat simpel. Cara yang paling mudah tentu saja dengan menghubungi call center.
Anda tinggal mengetik kode area dan 147 untuk menghubunginya. Selagi terhubung, Anda akan ditanya mengenai nomor indihome. Informasikan ID tersebut serta tanyakan langsung mengenai jumlah kuota berjalan saat ini.
CS akan segera menunjukkan jumlah kuota yang sudah terpakai. Bahkan, menunjukkan tentang jumlah FUP yang sesuai dengan jenis paket Anda.
Ada kalanya jika CS pun memberikan rekomendasi untuk melakukan pembelian kecepatan. Khususnya bila FUP sudah terlampaui dan awal bulan masih cukup lama.
Solusi Kuota Internet IndiHome Boros
Ketika membeli paket dengan tarif WiFi Telkom IndiHome yang murah, pelanggan akan mendapati FUP. FUP seharusnya tidak perlu dilewati agar kecepatannya tidak melambat.
Normalnya, paket dengan kecepatan lebih rendah sangat rawan dengan melambatnya kecepatan. Karena kenyataannya, aktivitas berinternet ini membuat kuota lebih cepat habis.
Supaya pelanggan dapat menikmati layanan tanpa kendala, hematlah dalam menggunakan internet. Tujuannya supaya tidak membuat Anda sering membeli kecepatan atau pun migrasi ke paket lebih tinggi.
Cara menghematnya pun cukup mudah. Di antaranya dengan memberlakukan pengaktifan jaringan hanya di waktu kerja. Ketika sudah waktunya istirahat, jadwalkan agar jaringan ini mati sementara.
Atau, bisa juga dengan memutus seluruh perangkat yang terhubung dengan internet ketika sudah larut malam. Tujuannya agar kuota ini tidak terkuras oleh aplikasi berjalan dalam perangkat.
Selain itu, pastikan agar tidak ada penyusup yang menggunakan jaringan tanpa permisi. Fungsinya supaya penyusup ini tidak menggunakan layanan sesuka hatinya.
Kalau memang sudah terhubung, cobalah untuk membatasi kecepatannya. Dengan membatasi kecepatannya, proses pentransferan data yang dilakukannya tidak sampai menghabiskan kuota internet sebelum satu bulan berjalan.
Bayar Tagihan IndiHome Via Aplikasi MyIndiHome
Ketika sudah memasuki awal bulan, setiap pelanggan perlu mempersiapkan biaya untuk melunasi tagihan internet. Pelunasan ini sesuai dengan tarif WiFi Telkom IndiHome yang dipilih.
Pelunasannya bisa menggunakan aplikasi MyIndihome. Setidaknya, aplikasi ini bisa sangat membantu pelanggannya agar tidak sampai telat bayar. Bahkan, pelanggan bisa memperoleh notifikasi tentang periode bayar setiap bulannya.
Bagi pelanggan yang menggunakan aplikasi ini, cukup masuk dengan data login. Kemudian, ketuk profil dan pilih tagihan untuk mengetahui jumlah rinciannya.
Sembari Anda mengetahui jumlah keseluruhan tagihannya, Anda pun akan melihat menu bayar. Apabila ingin melakukan pembayaran, tekan menu Bayar tersebut.
Di sini, ada beberapa metode pembayaran yang dapat dipilih. Jika Anda sudah top up dana ke aplikasi, Anda tinggal memanfaatkan uang digital yang terdapat di dalamnya. Dengan cara tersebut, Anda tidak perlu susah-susah untuk membuka aplikasi lain atau datang ke alfamart dan lain sebagainya.
Klaim Keberatan Pembayaran IndiHome
Namanya teknologi, ini tidak pernah lepas dari gangguan. Dan pelanggan berhak mengajukan keberatan ketika gangguan ini terjadi terlalu sering dan waktunya cukup lama.
Apalagi, tagihan tersebut terus berjalan dengan nominal normal. Tentunya, ini jelas akan merugikan bagi pelanggan. Lantas, bagaimana cara klaim tersebut?
Syarat Klaim Keberatan
Syarat utamanya hanya mengadukan apa yang sedang Anda alami. Entah itu layanannya sedang bermasalah, atau pun tagihan yang dibayarkan terlalu tinggi lantaran sistem sedang eror.
Bisa juga pembayaran sudah dilakukan pada masa jatuh tempo, hanya saja sistem tidak mencatatnya saat itu. Pada akhirnya, Anda dianggap terlambat sehingga mendapatkan denda keterlambatan.
Cara Mengadukan Gangguan
Untuk mengadukan gangguan atau kesalahan sistem, Anda sebenarnya bisa lapor melalui aplikasi MyIndihome. Pelaporannya pun sangat mudah.
Anda cukup masuk ke akun yang terdaftar. Kemudian, pilih bantuan dan pilih opsi Indira/indita.
Setelah itu, utarakan mengenai permasalahan yang terjadi. Jangan lupa untuk menuliskan nomor indihome Anda.
Sematkan pula nomor HP yang dapat dihubungi oleh provider. Tujuannya supaya Anda segera dihubungi secepatnya.
Jangan lupa, kirimkan bukti dengan melampirkan foto masalahnya. Fungsinya agar pengajuan ini segera diproses.
Biasanya, CS akan segera merespon. Kemudian, memberikan solusi atau kompensasi ketika masalahnya berkaitan dengan biaya pelunasan yang ditagihkan terlalu tinggi dibandingkan harga yang sebenarnya.
Kompensasi Disetujuinya Klaim
Karena ini berhubungan dengan uang yang dikeluarkan lebih dari harga normalnya, provider ini akan memberikan kompensasi. Tentunya, ini menjadi bentuk tanggung jawab sekaligus permintaan maaf atas kesalahan yang dilakukannya.
Kompensasi ini bisa berupa pengembalian uang ketika diminta oleh pelanggan. Ada juga yang berupa pengurangan tagihan untuk bulan ke depannya.
Sederhananya, Anda sudah membayar beberapa persen biaya langganan. Ketika sudah memasuki bulan berikutnya, otomatis nilainya akan lebih rendah dari sebelumnya. Jadi, Anda tetap dapat memperoleh keringanan dalam melunasinya.
Konsekuensi Tidak Bayar IndiHome
Tarif WiFi Telkom IndiHome sudah dipermurah, menyesuaikan dengan kemampuan masyarakat. Tetapi praktiknya, terkadang pelanggan tidak melakukan pelunasan atas tagihan tersebut.
Apabila pelanggan tidak melakukan pelunasan, provider akan mengisolir pelanggan tersebut. Isolir ini digambarkan dengan tidak bisa akses internet seperti sedia kala.
Ketika pelanggan tetap nekat untuk tidak melunasinya, status langganan ini akan dicabut. Ini terhitung sejak pelanggan tidak melunasinya hingga 3 bulan berjalan.
Masalahnya, tagihan ini terus dihitung sehingga beban pelanggan akan sangat besar. Untuk memutusnya, pelanggan wajib melunasi tunggakan terlebih dahulu. Kemudian, membawa sejumlah peralatan yang dipinjamkan sebelumnya.
Ketika pelanggan ingin memasang layanannya lagi, pelanggan diwajibkan untuk melunasi tunggakan sebelumnya. Baru permintaannya akan diproses.
Demikianlah serba-serbi mengenai tarif WiFi Telkom IndiHome. Jika Anda merasa butuh layanan internet yang murah namun berkualitas, indihome bisa menjadi pilihan yang terbaik saat ini.