Cara Downgrade Layanan Internet di IndiHome
Ketika ingin menurunkan jenis paket dengan biaya perbulan IndiHome yang lebih murah, ada syarat dan prosedur yang perlu dilakukan. Di sini, mari pahami keduanya ketika mendowngrade paket di Plasa Telkom.
Syarat Downgrade
Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelanggan ketika memutuskan untuk menurunkan jenis paket langganan internet. Syarat pertama ialah mempersiapkan KTP pendaftar dan mengetahui no indiHome miliknya.
Kemudian, minimal pelanggan sudah berlangganan internet sekitar 3 bulanan. Masa berlaku langganan sebelum itu belum diperkenankan untuk menurunkannya.
Kemudian, status langganan tidak menunggak. Jadi, pastikan semuanya dilakukan agar penurunan paket dapat diturunkan.
Prosedur Downgrade Layanan
Mengenai proses penurunan jenis paket, pertama kali diawali dengan membawa berkas identitas untuk keperluan konfirmasi. Setelah itu, pastikan untuk mencabut dan membawa STB TV yang dipinjamkan provider di rumah.
Ini berlaku bagi pelanggan yang berlangganan paket 3P. Peralatan itu harus dibawa dan dikembalikan pada penyedia layanan.
Setelah itu, datanglah ke kantor layanan. Antre dan jelaskan maksud Anda dengan jelas.
Anda akan diminta untuk mengisi formulir penurunan paket. Isi data dengan lengkap dan benar.
Jika ini disetujui, petugas akan segera memprosesnya. Maka, layanan paket Anda akan berstatus baru. Menyesuaikan dengan paket yang diminta saat itu.
Mempercepat Koneksi Internet IndiHome
Setelah menurunkan paket, pelanggan tentunya tidak berharap jika kecepatan yang didapatkan akan menurun drastis. Terlebih jika pemakaian internet ini sering dilakukan untuk memenuhi kebutuhannya.
Jika Anda ingin tetap menikmati layanan indiHome yang super cepat, lakukan beberapa hal ini.
Manfaatkan Kabel LAN
Penggunaan kabel LAN memungkinkan akses internet jauh lebih stabil. Kecepatannya pun sangat baik. Makanya, koneksi internet ke dalam perangkat pun lebih kencang.
Yang perlu diingat, kabel ini hanya bisa digunakan untuk perangkat komputer/laptop. Sementara pengguna smartphone, pemanfaatannya tampaknya tidak bisa. Terkecuali jika memanfaatkan converter khusus yang mana perangkat seluler mendukung untuk hal tersebut.
Tambahkan Repeater
Kenyataannya, tidak semua pengguna beraharap untuk menggunakan kabel LAN. Karena, cara ini merepotkan diri sendiri.
Pelanggan biasanya hanya butuh pancaran sinyal yang kuat. Solusinya, pelanggan dapat meletakkan repeater.
Repeater merupakan alat penangkap sinyal wifi. Nantinya, disebarkan ke seluruh area sesuai dengan kemampuan jangkauannya.
Repeater ini sangat cocok jika Anda berada di dalam rumah dengan area lebih luas. Alat tersebut memungkinkan sinyal dapat tersebar secara maksimal.
Batasi Jumlah Pengguna
Cara terakhir ialah melakukan pembatasan pada perangkat yang terhubung dengan wifi. Ini pun jauh lebih mudah dibandingkan bila Anda memanfaatkan perangkat tambahan.
Upayakan agar pengguna yang terhubung sesuai dengan rekomendasi. Contohnya kecepatan 20 Mbps normalnya masih stabil ketika digunakan oleh 3-5 perangkat sekaligus.
Intinya, lihat spesifikasi dari paket. Kemudian, sesuaikan dengan jumlah penggunanya.
Membatasi Jumlah User IndiHome
Pembatasan terhadap pengguna IndiHome memungkinkan pelanggan dapat memanfaatkan layanan internet sebagaimana mestinya. Bahkan, ini pun memungkinkan biaya perbulan IndiHome Fiber ini tidak mengalami pembengkakan.
Untuk mengaturnya sesuai dengan spesifikasi paket, sebenarnya banyak cara yang bisa ditempuh. Salah satu cara yang paling mudah ialah membatasinya melalui pengaturan modem.
Diketahui bahwa setiap pelanggan akan diberikan modem atau router saat proses pemasangan. Fungsinya untuk memudahkan dalam mengelola layanan yang dibelinya. Mulai dari mengatur jumlah pengguna, memblokir, membuat password dan lain sebagainya.
Apabila Anda hanya ingin membatasi jumlah penggunanya, caranya cukup dengan mengakses alamat IP sesuai dengan jenis modemnya. Kemudian, masuk dengan data login default yang merujuk pada modem.
Setelah itu, cari menu Wifi control. Di sini, Anda akan menemukan sejumlah SSID. Sesuaikan dengan SSID yang dipublikasikan. Kemudian, isikan angka sesuai dengan jumlah penggunanya.
Kami contohkan dengan membuka browser. Ketik 192.168.1.1 dan enter. Setelah itu, username dan password diisi dengan data login user/admin.
Setelah masuk ke panel pengaturan, pilih Network. Lantas, tekan WLAN setting dan tekan Wifi Control.
Pada kolom SSID1 yang menjadi pintu akses bagi perangkat untuk terhubung, Kami isikan dengan 5. Ini menyesuaikan dengan batas maksimum untuk pelanggan paket 2P dengan kecepatan 20 Mbps.
Langkah terakhirnya, tinggal tekan Apply. Maka, hanya 5 perangkat saja yang dapat terhubung ke jaringan indiHome tersebut.
Untuk memastikan seberapa besar biaya perbulan IndiHome Fiber, pelanggan terkadang perlu memeriksanya sendiri. Pemeriksaan tentang tagihan ini pun mudah. Bahkan, bisa dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan layanan internet.
Cara cek tagihan IndiHome paling mudah selain menggunakan aplikasi ialah dengan mengakses situs resmi IndiHome. Ini termasuk cara yang paling mudah.
Langkahnya diawali dengan masuk ke website resminya. Kemudian, daftarkan diri terlebih dahulu. Caranya dengan memanfaatkan email yang sering digunakan dan mempersiapkan nomor handphone.
Jika sudah mendaftar akun di website resminya, Anda tinggal login dengan akun terdaftar. Setelah itu, Anda akan melihat profil yang berisi nama Anda sebagai pelanggan tetap IndiHome.
Langkah selanjutnya ialah dengan mengakses menu tagihan. Pada menu ini, Anda akan segera melihat rincian dari tagihan bulanan yang diwajibkan bagi Anda.
Setelah mengetahui rincian dari biaya perbulan IndiHome Fiber, Anda tentunya sudah bisa mengambil ancang-ancang untuk melunasi tagihan tersebut. Semakin cepat dalam melakukan pembayaran, Anda bisa terhindar dari denda.
Untuk membayar tagihan ini, Anda bisa memanfaatkan indomaret atau alfamart. Keduanya sudah bekerja sama dengan IndiHome dalam memberikan kemudahan transaksi pembayaran internet.
Menariknya, pelanggan bisa melakukan pembayaran secara tunai atau pun non tunai. Jadi, Anda tidak akan kesulitan untuk menyelesaikan kewajiban tersebut.
Untuk caranya, Anda hanya perlu menunjukkan ID atau nomor telepon yang terhubung dengan layanan indiHome. Tunjukkan pada petugas.
Petugas akan segera mencocokkan identitas tersebut. Biasanya, kasir ini akan memastikannya dengan menanyai siapa nama pelanggannya. Ketika dinilai cocok, pihak kasir akan segera memprosesnya.
Pembayaran akan dilakukan melaluinya. Kasir akan segera mengeluarkan struk pembayaran sebagai bukti transaksi berhasil. Sisanya, Anda cukup mengeluarkan biaya admin pembayaran pada kasir.
Seperti disinggung sebelumnya jika membayar biaya perbulan IndiHome Fiber di merchant jauh lebih murah. Karena, sebagian besar merchant sering menyediakan promo yang berisi tentang potongan pembayaran.
Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu memasang aplikasi dari merchant yang sudah bekerja sama dengan pihak Telkom. Contohnya adalah Bukalapak.
Situs ecommerce ini pun terbuka dalam melayani pembayaran Indihome. Selain itu, pengguna pun dapat melakukan pembelian berbagai jenis produk. Tentunya, ini bisa menjadi solusi bagi pengguna.
Untuk melakukan pembayaran, pelanggan cukup membuka aplikasi dari situs ecommerce. Pastikan jika pelanggan sudah membuat akun. Lebih-lebih, seseorang memang sudah sering menggunakan aplikasi ini untuk membeli beragam kebutuhannya di internet.
Setelah itu, cukup masuk ke halaman depan. Setelah itu, pilih menu pembayaran atau tagihan yang terdapat dalam aplikasi ecommerce. Perlu diingat, namanya terkadang berbeda. Tetapi, prinsipnya sama saja. Yakni melakukan pembayaran.
Temukan ikon Telkom dan tekan. Di sini, Anda tinggal memasukkan no Indihome. Muncul total tagihan, Anda tinggal menekan menu bayar. Transaksi akan dilangsungkan dan nantinya bukti ini akan terekam dalam situs tersebut.
Jika ingin lebih mudah, Anda sebenarnya dapat memanfaatkan aplikasi myIndiHome. Aplikasi ini bisa dioptimalkan oleh pelanggan untuk melakukan berbagai hal. Mulai dari memeriksa status langganan, biaya bulanan, merubah paket, hingga melakukan pembayaran dan lain sebagainya.
Pelanggan hanya perlu mengunduh dan menginstallnya dalam perangkat seluler. Setelah itu, pelanggan cukup membuat akun dengan alamat email atau memanfaatkan nomor handphone.
Jika sudah masuk ke halaman utamanya, pelanggan cukup masuk ke menu tagihan. Dari sini, pelanggan dapat mengetahui nominal tagihan yang diwajibkan untuknya.
Proses selanjutnya ialah dengan menekan menu Bayar. Silahkan pilih metode pembayaran yang diharapkan.
Lanjutkan prosesnya hingga transaksi pembayaran selesai. Jika sudah, aplikasi ini akan menyimpan bukti transaksinya. Status Anda pun sudah membayar dan Anda berhak menikmati layanan internet yang stabil seperti biasanya.
Demikianlah ulasan mengenai biaya perbulan IndiHome Fiber yang dibebankan oleh setiap pelanggan. Silahkan tentukan jenis paket yang sesuai. Kemudian, penuhi kewajiban bayar agar layanan tersebut bisa dimanfaatkan setiap waktu.