Biaya PPN Pengguna IndiHome
Bagi pengguna layanan, harga yang tertera dalam paket indihome merupakan harga normal. Ini menjadi patokan utama agar bisa mengakses layanan setiap waktunya.
Meskipun begitu, pelanggan pun harusnya memahami bahwa harga tersebut belum termasuk dengan PPN. Artinya, pelanggan masih memiliki tanggung jawab untuk membayar pajak.
Pajak yang dibebankan pada setiap pelanggan sekitar 10%. Jumlah pajak ini sesuai dengan jenis paketnya.
Namun tenang saja, Anda tidak perlu repot untuk menghitungnya. Karena total keseluruhan tagihan ini akan terakumulasi setiap bulannya.
Pelanggan cukup membuka aplikasi myindihome. Dari aplikasi ini, pelanggan akan mengetahui total keseluruhan dari tagihan atau biaya bulanan IndiHome yang wajib dibayarkan di bulan tersebut. Yakni biaya dari harga paket dan PPN.
Biaya Tambahan Ketika Terlambat Membayar
Masih ada kaitannya dengan biaya bulanan IndiHome. Pelanggan bisa saja mengalami pembengkakan tagihan ketika tidak disiplin dalam membayar tagihan.
Indihome akan menambahkan biaya denda ketika pelanggan terlambat melunasi tagihan di tiap bulannya. Meskipun terlambat satu hari, pelanggan tetap dibebani biaya denda.
Dendanya terbilang kecil. Kisarannya hanya 5% dari total harga paket. Namun begitu, denda ini harusnya tidak dientengkan.
Alasannya, denda ini bisa terus bertambah ketika bulan berikutnya juga mengalami keterlambatan. Pada akhirnya, tunggakannya lebih besar dan menyulitkan proses pelunasan.
Ketika pelanggan tidak mampu melunasi, provider akan memberikan surat peringatan. Sampai akhirnya tiba, provider memiliki kewenangan untuk mencabut layanannya.
Pencabutan layanan ini biasanya dilakukan ketika pelanggan tidak membayar tagihan lebih dari 2-3 bulan. Maka, pelanggan tidak lagi bisa memanfaatkan internet. Bahkan, sulit untuk memasangnya lagi ke depannya.
Solusi Menekan Biaya Bulanan Paket IndiHome
Ada kalanya keuangan setiap pelanggan menipis di bulan tertentu. Ini jelas akan menyulitkan bagi pelanggan untuk melunasinya.
Apabila ini terjadi, ada solusi yang bisa dimaksimalkan untuk menekan jumlah tagihan. Yakni mencari promo seperti potongan pembayaran biaya bulanan IndiHome.
Di mana pelanggan bisa memperolehnya? Jawabannya berasal dari situs ecommerce yang sudah bekerja sama dengan pihak Telkom.
Kebanyakan situs jual beli menawarkan potongan harga untuk berbagai jenis produk. Tidak terkecuali dengan pembayaran tagihan indihome.
Besaran potongan harganya menyesuaikan dengan kebijakan pemilik ecommerce. Meskipun tergolong kecil, nyatanya diskon ini cukup menguntungkan.
Selain potongan harga, terkadang situs tersebut pun sering memberikan cashback. Pengembalian uang ini terkadang senilai dengan PPN indihome. Jadi, pelanggan bisa menghemat sekian persen dari total tagihan.
Kuncinya, jangan terburu-buru untuk melakukan pelunasan tagihan. Meskipun begitu, jangan sampai terlambat membayar hingga lewat tanggal 21 di tiap bulan.
Ketika masih dalam periode pembayaran, silahkan periksa penawaran dari situs ecommerce. Ketika Anda mendapatkan promo tersebut, gunakan kode untuk melunasi tagihan. Maka, Anda berhak mendapatkan potongan yang cukup menguntungkan.
Tips Berlangganan Indihome
Ada hal penting yang harusnya diperhatikan ketika ingin berlangganan paket yang biayanya sesuai dengan kemampuan. Ini penting untuk diperhatikan supaya Anda tidak merasa terbebani.
Pertama, hanya pilih paket yang sesuai kebutuhan. Maksudnya, pilih paket yang sekiranya layanan tersebut sering digunakan. Entah itu paket internet saja, atau bundling dengan TV dan telepon.
Fungsinya agar Anda tidak merasa jika paket tersebut hanya berlebihan. Artinya, Anda boros biaya padahal layanannya tidak begitu penting.
Kedua, tentukan kecepatannya. Caranya pun sangat mudah. Yakni cukup melihat siapa saja yang dinilai akan menggunakannya di rumah.
Ketika jumlah perangkatnya hanya sekitar 3-5, kecepatan 20 Mbps tentunya sudah cukup mumpuni. Bahkan bila digunakan secara bersamaan, kecepatan ini tetap stabil.
Ketiga, kenali rincian biayanya. Usahakan agar biaya yang dikeluarkan memang sesuai kemampuan.
Sebaliknya, hindari memaksakan diri untuk membeli paket yang nilainya terlalu tinggi. Meskipun kenyataannya, kecepatan yang diberikan memang jauh lebih cepat.
Dikhawatirkan jika Anda malah kesulitan dalam melakukan pembayaran. Maka, Anda mungkin akan telat bayar dan menunggak.
Kalau sudah seperti ini, biayanya pasti akan membengkak. Tidak menutup kemungkinan jika Anda akan memutuskan layanannya.
Apabila layanannya diputus sebelum kontrak berakhir, denda lain akan dibebankan pada Anda. Nilainya cukup besar sehingga membuat Anda semakin sulit untuk melunasinya.
Ada kalanya jika pelanggan ingin memutuskan langganan di indihome. Faktor penyebabnya adalah ingin pindah rumah.
Ketika lokasinya di luar kota, tentu saja berhenti langganan menjadi salah satu solusinya. Terlebih, pelanggan tidak ingin membayar biaya bulanan IndiHome tanpa menggunakan layanan sama sekali.
Sebagai pelanggan, wajib untuk memberitahukan alasannya. Jangan sampai biayanya terus dihitung sehingga meninggalkan hutang yang terlalu besar.
Ketentuan Berhenti Layanan
Ada beberapa ketentuan yang harus dipahami oleh pelanggan yang ingin menghentikan status langganan di indihome. Salah satunya, pelanggan harusnya sudah melunasi seluruh tagihan bulanan.
Setelah itu, peralatan yang dipinjamkan oleh PT Telkom wajib dikembalikan. Di antaranya adalah modem dan STB TV jika pelanggan sebelumnya berlangganan TV.
Selain itu, pelanggan akan kehilangan biaya abonemen jika status berhentinya belum mencapai 12 bulan kontrak. Sebaliknya jika sudah lebih dari kontrak, biaya ini akan dikembalikan pada pihak pelanggan.
Yang harus dicatat bagi yang berhenti sebelum 12 bulan, pelanggan akan dikenai denda sebesar 1 juta. Denda ini harus dibayarkan agar tidak selalu ditagih setiap waktunya.
Cara Stop Langganan di Plasa Telkom
Menghentikan status langganan ini bisa dilakukan melalui plasa Telkom. Ini pun menjadi cara yang termudah. Karena, prosesnya akan lebih cepat.
Syarat yang harus dibawa adalah KTP/KK dan materai. Ini merupakan berkas yang akan digunakan untuk memutus statusnya.
Kemudian, jangan lupa untuk mengembalikan peralatan yang dipinjamkan. Ajukan pada petugas, maka petugas akan segera memproses keinginan tersebut.
Stop Layanan melalui Call Center
Metode lain yang dapat digunakan untuk memutus layanan indihome adalah dengan menghubungi call center. Anda pun harus mempersiapkan kartu identitas.
Nantinya, identitas inilah yang akan ditanyakan oleh CS. Informasikan tentang pemutusan dan alasan melakukannya. Dengan begitu, CS akan mengonfirmasi sekaligus memutus jaringan secepatnya.
Pada praktiknya, Anda pun harus mengembalikan sejumlah perlengkapan yang awalnya dipinjamkan. Pastikan bahwa pemutusan ini sudah 12 bulan agar tidak terkena denda hingga 1 juta rupiah.
Demikianlah yang bisa disampaikan mengenai biaya bulanan IndiHome. Sejatinya, biayanya terjangkau jika Anda menentukan paket yang sesuai. Apalagi, Anda bisa memaksimalkan layanan lain yang dapat membantu untuk melakukan pelunasan tagihan.