Mbps Adalah

Mbps Adalah

Megabit Per second, Satuan Penting yang Membantu Anda Menguji Speed Internet

Mbps adalah satuan penting yang membantu Anda menguji speed internet ➡ Ketika mencari paket data internet, Anda biasanya akan menemukan sejumlah singkatan yang digunakan provider, salah satunya adalah Mbps.

Mbps adalah singkatan megabits per second yang dipakai sebagai satuan bandwidth. Mbps sangat mempengaruhi perhitungan speed atau kecepatan internet dan harga paket yang dibayar. Umumnya, semakin tinggi angka Mbps yang ditunjukkan, semakin mahal juga biaya data internet yang harus dibayar.

Namun, Anda juga harus ingat bahwa Mbps bukan satu-satunya faktor yang menentukan kualitas layanan provider yang bersangkutan.

Di sisi lain, mengetahui Mbps, termasuk cara kerjanya, membantu Anda menghitung data plan, baik untuk pemakaian pribadi maupun bisnis. Dengan begitu, Anda dapat menikmati layanan internet sesuai kapasitas dan biaya yang disiapkan.

 

Mbps adalah satuan speed internet

Mbps adalah satuan speed internet
Mbps adalah satuan speed internet

Seperti yang disinggung, Mbps adalah satuan yang berhubungan dengan speed internet yang mana adalah bandwidth. Dalam istilah yang lebih sederhana, bandwidth merupakan download rate pada koneksi internet yang Anda gunakan.

Loading...

Bandwidth sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk speed maksimal yang dapat Anda cek saat mengunduh data lewat perangkat elektronik seperti laptop, PC, atau smartphone.

Sebagai ilustrasi, bayangkan Anda hendak mengunduh sebuah lagu dari platform online. Anda mengunjungi website yang bersangkutan, lalu setelah beberapa klik, lagu tadi mulai diunduh pada perangkat yang digunakan.

Speed atau kecepatan yang dibutuhkan untuk memperoleh file lagu tergantung pada bandwidth yang digunakan. Dalam hal ini, Mbps adalah satuan yang bisa Anda andalkan untuk menentukan hitungannya.

Secara umum, Mbps adalah satuan yang menentukan secepat apa proses download yang sedang berlangsung. Sebagai catatan, kata download atau unduh tak hanya merujuk pada proses menyimpan file seperti lagu atau film.

Ketika Anda sedang browsing sebenarnya ada berbagai data yang ikut terunduh dan tersimpan di browser.

Bandwidth yang tinggi pun akan membantu proses loading lebih cepat dan stabil. Setelah membahas pengaruh Mbps terhadap penentuan kecepatan bandwidth, sekarang mari analisis angka-angka yang sering menyertai satuan ini.

Pasalnya, masih banyak konsumen yang belum memahami konsepnya dan berakhir salah beli paket data.

Tingkat kecepatan bandwidth yang provider tawarkan bisa berbeda. Ada yang memberikan speed sampai 7Mbps, ada juga yang percaya diri menyediakan 10Mbps hingga 50Mpbs.

Apa maksud dari angka-angka tersebut?. Saat provider mengatakan layanan mereka bisa mencapai sekian Mbps, bukan berarti speed-nya akan terus berada di angka tersebut, melainkan hanya maksimal sampai di level tadi.

Misalnya up to 8Mbps, berarti kecepatan maksimalnya tak akan melebihi angka tersebut. Speed bisa juga melambat karena beberapa faktor seperti apakah wilayah Anda sudah dijangkau provider dan kualitas layanan serta fasilitas yang mereka berikan.

 

Lebih kecil, Mbps adalah satuan yang berbeda dari MBps

Lebih kecil, Mega Bits Per Second adalah satuan yang berbeda dari Mega Byte Per Second
Lebih kecil, Mbps adalah satuan yang berbeda dari MBps

Selain sering salah mengartikan speed Mbps adalah apa, sejumlah konsumen kerap menyamakannya dengan satuan lain, yakni MBps adalah (megabyte per second). Kedua singkatan ini memang hanya dibedakan dari satu huruf, tetapi ada perbedaan signifikan yang wajib Anda ketahui.

Mbps adalah satuan yang secara umum lebih kecil dibandingkan MBps. Contohnya, ukuran speed internet 8 bit sama dengan 1 byte.

Bit merupakan satuan unit data terkecil yang dipakai dalam komputasi digital dan terdiri atas satu digit biner (berupa nilai 0 atau 1). Satuan ini bisa Anda pakai untuk menentukan speed internet hingga mengukur data yang bergerak.

Oleh karena itu, walau lebih kecil dari segi ukuran, Mbps justru menjadi satuan yang digunakan provider paket data internet atau internet service untuk menunjukkan bandwidth dan kecepatannya.

Sementara MBps biasanya hanya dipakai untuk perangkat elektronik yang umum Anda operasikan seperti modem, PC, laptop, smartphone, game console, dan lain sebagainya.

Karena perbedaan ini pula Mbps dan MBps perlu Anda konversi untuk mengetahui satuannya. Misalnya, berapa satuan 10Mbps dalam MBps? Seperti yang diketahui, 8 bit = 1 byte.

Artinya, Anda perlu membagi 10 dengan 8 terlebih dulu untuk mendapatkan hasilnya, yakni 1.25. Dengan kata lain, 10Mbps setara dengan 1.2MBps. Sementara kalau dikonversikan ke KBps (kilo byte) akan menjadi 1280KBps.

 

Megabit Per second adalah satuan yang tepat untuk menghitung data plan

Megabit Per second adalah satuan yang tepat untuk menghitung data plan
Mbps adalah satuan yang tepat untuk menghitung data plan

Setelah mengetahui kalau Mbps adalah satuan bandwidth, maka Anda yang hendak menghitung internet data plan pun menggunakannya sebagai acuan.

Mbps adalah satuan yang tepat untuk membantu perhitungan layanan ini mengingat sebagian besar provider memakainya juga untuk menyediakan paket yang Anda butuhkan. Setidaknya ada tiga faktor yang akan membantu Anda menentukan speed internet yang sesuai kebutuhan, antara lain:

 

  • Jumlah orang/user yang memakai internet.

Semakin banyak orang yang mengakses layanan internet, semakin lambat speed-nya. Maka dari itu, kamu tak akan merasakan kecepatan maksimal saat memakai Wi-Fi publik mengingat jumlah pemakai atau user-nya banyak. Sementara kalau sendiri, 10Mbps saja sudah cukup;

  • Tujuan menggunakan layanan internet.

Speed internet untuk kebutuhan browsing, streaming, dan mengelola website berbeda. Anda tak bisa memukul rata kebutuhan tersebut, sebab akan mempengaruhi kelancaran aktivitas yang dilakukan;

 

  • Jumlah perangkat yang terhubung ke layanan internet.

Seperti poin kesatu, kalau jumlah perangkat yang dihubungkan ke layanan internet cukup banyak, maka bandwidth yang Anda butuhkan juga besar. Memastikannya sejak awal membantu Anda menemukan paket data dengan bandwidth yang diperlukan dengan harga sesuai bujet.

Lalu, berapa bandwidth yang sebaiknya Anda pilih? Setiap orang tentu memiliki masing-masing kebutuhan, tetapi kalau memerlukan rekomendasi, berikut daftar yang bisa dijadikan pegangan:

  • Browsing dan pemakaian media sosial: 1 sampai 3Mbps;
  • Video conference (untuk online meeting, webinar, dan lain-lain: 2 sampai 4Mbps;
  • Online streaming (menonton di platform seperti Netflix, Iflix, Hulu, dan lain-lain): 3 sampai 5Mbps;
  • Streaming video dengan kualitas high definition (HD): 5 sampai 7Mbps.

Mengapa ada ranges pada rekomendasi Mbps? Mbps adalah satuan bandwidth yang mengacu pada kecepatan maksimal alih-alih kecepatan rata-rata.

Speed mengunduh (download) dan mengunggah (upload) yang sebenarnya jarang menyentuh angka maksimal yang kerap diunggulkan provider. Rata-rata performa speed biasanya menyentuh 50% sampai 80% dari total yang dijanjikan.

Kemudian, untuk memudahkan Anda menentukan speed yang dibutuhkan, fokuskan pada dua hal berikut ini:

 

  • 1. Bandwidth yang diperlukan

Mega Bits Per Second adalah suatu alat untuk menentukan bandwidth kecepatan internet
Mbps adalah suatu alat untuk menentukan bandwidth kecepatan internet

Daftar rekomendasi di atas bukanlah angka mutlak, sehingga tetap harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Sekilas, kegiatan seperti browsing, mengakses media sosial, dan streaming terdengar simpel. Namun, konten-konten yang termuat hingga durasi yang Anda nikmati berdampak pada jumlah bandwidth yang dikonsumsi.

Jika salah memilih speed, Anda cenderung lebih boros dan proses download maupun upload lebih sering tersendat. Untuk mengatasinya, Anda bisa membeli paket data internet dengan speed di atas kebutuhan.

Misalnya, kalau Anda butuh 5Mbps untuk streaming, gunakan paket dengan speed yang mencapai 7Mbps. Memilih paket yang speed-nya sesuai kebutuhan justru akan memberikan pengalaman yang kurang memuaskan.

Anda juga harus tahu kalau speed yang disarankan di atas belum termasuk dua faktor lain, yakni jumlah pengguna dan perangkat yang terhubung. Pertimbangkan semuanya sematang mungkin dengan menghitung pengguna yang nanti mengakses layanan beserta jenis perangkat yang memakai layanan internet.

 

  • 2. Jenis perangkat yang terhubung ke internet

Mega Bits Per Second adalah suatu alat untuk menentukan berapa perangkat yang cocok terhubung ke internet
Mbps adalah suatu alat untuk menentukan berapa perangkat yang cocok terhubung ke internet

Mbps adalah satuan yang memungkinkan Anda membandingkan jumlah bandwidth yang dipakai antara satu perangkat dengan perangkat lainnya. Ada juga beberapa faktor yang menentukan jumlah bandwidth yang diperlukan seperti spesifikasi perangkat, platform yang dipakai untuk mengakses internet (lewat browser atau aplikasi), hingga durasi pemakaiannya.

Banner Shoppe Orbit Aff Telkom Telkomsel
Banner Shoppe Orbit Aff Telkom Telkomsel
Loading...

Sebagian besar perangkat yang masyarakat gunakan sekarang sudah terhubung dengan internet karena percepatan digitalisasi yang semakin pesat.

Beberapa di antaranya adalah smartphone, PC, laptop, game console, hingga sistem keamanan.  Kemudian, konten yang diakses maupun ditayangkan ikut berpengaruh pada bandwidth yang digunakan.

Jenis konten yang ringan seperti teks atau imej/gambar beresolusi rendah biasanya bisa Anda unduh atau unggah dengan internet dengan speed rata-rata. Namun, jenis yang lebih ‘berat’ seperti video memerlukan speed stabil supaya tak menggerus paket data yang Anda beli.

 

Megabit Per second dan Kbps adalah satuan yang dipakai pada tes speed internet

Megabit Per second dan Kbps adalah satuan yang dipakai pada tes speed internet
Mbps adalah satuan yang dipakai pada tes speed internet

Sudah paham dengan Mbps adalah apa dan pengaruhnya terhadap penentuan bandwidth yang dibutuhkan? Supaya lebih nyaman menggunakan akses internet, Anda sebaiknya rutin mengecek speed-nya untuk mengetahui apakah layanannya masih bagus atau ada pengurangan kualitas.

Dalam hal ini, Mbps adalah satuan yang juga digunakan untuk memperlihatkan hasil tes, sehingga mengetahui fungsinya sebagai satuan bandwidth membantu Anda membaca data yang muncul.

Ada banyak website dan platform yang bisa digunakan untuk melakukan tes speed internet. Namun, sebelum membahas daftar rekomendasinya, mari kita cek dulu fakta speed internet di Indonesia.

Tahukah Anda bahwa, terlepas dari fakta Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah pengguna internet terbanyak di dunia, kecepatan layanan yang diberikan masih tertinggal jauh?

Data tersebut diperoleh dari pengujian speed internet yang dilakukan Speedtest, website besutan Ookla. Berdasarkan data riset pada Q1 dan Q2 2021, speed internet untuk download di Indonesia berada di kisaran 14,78Mbps atau sedikit unggul dibandingkan Kamboja yang menempati posisi terbawah dengan angkaa 13,96Mbps.

Angka tersebut rupanya tertinggal jauh dari Singapura (57,42Mbps), bahkan Brunei Darussalam (47,02Mbps). Sementara masyarakat Indonesia semakin membutuhkan internet untuk berbagai kegiatan di bidang pendidikan, kesehatan, dan industri lainnya.

Maka dari itu, mengecek speed internet membantu mengetahui kualitas layanan provider dan Mbps adalah satuan yang akan menentukan apakah bandwidth yang dipakai cukup atau perlu ditambah.

Lalu, website apa saja yang bisa Anda andalkan untuk tes speed internet? Cek rekomendasinya di bawah ini!

 

  • 1. Fast.com

Fast Com

FAST.com adalah website yang dapat digunakan untuk memperkirakan Mbps speed internet saat ini. Kecepatan selama download adalah fokus utama FAST.com, sebab menurut mereka hal tersebut menjadi salah satu faktor paling relevan untuk sebagian orang yang menikmati konten.

Website ini juga bisa mengecek Mbps speed internet di perangkat apa pun melalui browser. Untuk melakukanya, Anda tinggal mengakses website resmi FAST.com dan secara otomatis pengecekan akan berlangsung. Kalau Anda mengeklik Tampilkan info selengkapnya, akan muncul Mbps speed saat mengunggah beserta latensi koneksi (ping).

 

  • 2. Speedcheck.org
Speedcheck Org
Speedcheck org untuk test Mbps

Seperti FAST.com, SpeedCheck.org dapat melakukan pengecekan Mbps speed secara otomatis. Anda dapat menguji kecepatan internet pada sejumlah perangkat seperti smartphone, tablet, laptop, dan PC melalui browser yang tersedia.

Namun, kalau Anda ingin cek lewat mobile device, gunakan aplikasi yang sudah tersedia di App Store dan Google Play Store.

Mengapa harus memakai aplikasi? Hal ini disebabkan performa browser pada mobile device belum sebaik browser versi desktop. Kalau ingin mengecek Mbps speed saat download dan upload beserta latensi di laptop atau PC, silahkan akses website resmi SpeedCheck.org.

 

  • 3. Speedof.Me

Speedof.me

Dikembangkan sejak Desember 2011, SpeedOf.Me termasuk website penguji speed Mbps internet yang pernah mengecek kecepatan broadband HTML5 pertama.

Hal ini tak terlepas dari fakta bahwa SpeedOf.Me dirancang untuk browser yang mendukung HTML5 pada perangkat iOS, Android, dan Windows, termasuk browser versi desktop.

Keunggulan lain yang ditawarkan SpeedOf.Me adalah Anda tak perlu menggunakan Flash atau Java. Selain itu, website ini memberikan hasil dengan tingkat akurasi tinggi dan tak mengharuskan user menginstal aplikasi atau plugin tertentu.

 

  • 4. HighSpeedInternet.com

HighSpeedInternet.com

Berikutnya ada HighSpeedInternet.com yang dapat Anda gunakan untuk menguji speed Mbps internet. Pengembang website ini pun menyarankan Anda untuk mengetes tiga sampai empat kali sampai mendapatkan hasil yang diharapkan.

Untuk memulai, tinggal kunjungi HighSpeedInternet.com, lalu klik Start Speed Test.  Kemudian, website tersebut secara otomatis menghitung speed rata-rata saat download maupun upload. Di laman yang nantinya muncul akan disajikan data seperti latensi, nama provider yang Anda gunakan, lokasi server, hingga alamat IP.

 

  • 5. Speed.io
Speed.io
Speed.io test Mbps adalah untuk cek kecepatan internet

Speed.io termasuk website tes speed Mbps DSL modern yang dipakai untuk menganalisis akses internet broadband. Memiliki hampir 5.000 server yang tersebar di seluruh dunia, Speed.io mampu menguji kecepatan Mbps saat download dan upload, ping (waktu respons antara perangkat dengan internet), serta jumlah koneksi maksimal per unit.

Semua pengujian di Speed.io lewat browser dilakukan melalui HTTP atau TCP dan tak memakai software tertentu. Anda hanya perlu mengakses website mereka untuk melakukan pengujian, lalu tinggal tunggu sebentar untuk mendapatkan hasilnya.

 

  • 6. Meter.net

Meter.net

Dibandingkan website-website sebelumnya, METER.net tergolong ‘senior’ karena sudah beroperasi sejak 2001. Pada saat itu, mereka masih menggunakan domain Zacatekk.cz, lalu berganti menjadi Rychlost.cz pada 2004.

Kemudian pada 2005 berubah menjadi Bandwidth-test.net sebelum akhirnya menggunakan METER.net pada 2014. Cara kerja tes speed Mbps di METER.net tergolong simpel, yakni hanya dengan mengeklik Start test setelah Anda mengakses website-nya. Kemudian, pilih Shows Details of this Test untuk mengetahui apakah Anda sudah menggunakan layanan internet yang tepat.

 

  • 7. AT&T Speed Test
AT&T Speed Test
Test Mbps dengan AT&T Speed Test

AT&T dikenal sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di dunia. Di Amerika Serikat, mereka adalah penyedia layanan telepon selular terbesar dengan menghadirkan jasa lewat AT&T Communications.

Tak sampai di situ, AT&T memudahkan Anda untuk mengetes Mbps speed internet yang dapat diakses lewat website resminya di ATT.com. Setelah membuka layanan speed test, dilakan klik tombol Start dan tunggu hasilnya keluar dalam sekejap.

Sejumlah informasi yang tersedia dalam laman ATT mencakup kecepatan Mbps download serta Mbps upload, jitter, dan data ping. Dari penjelasan ini dapat disimpulkan bahwa Mbps adalah satuan yang memudahkan Anda menentukan jumlah bandwidth yang diperlukan hingga membaca hasil tes speed yang dilakukan lewat website.

Semoga setelah membaca artikel ini, Anda pun tak lagi kebingungan mencari paket data internet yang dipakai untuk kegiatan personal maupun profesional.

 

  • 8. Fast IndiHome
fast.indihome.web.id fast indihome
Test Mbps IndiHome

Fast IndiHome kami buat dengan engine speedtest untuk pengguna Telkom atau IndiHome agar memastikan kecepatan koneksi internet IndiHome masih sesuai dengan paket IndiHome yang dipilih, kemudian untuk mengetahui juga apakah layanan Anda sudah menyentuh FUP, Telkom atau IndiHome sendiri memberlakukan FUP IndiHome.

 

Kesimpulan :

Setelah mengetahui perbedaan dari Mbps dan MBps, inti singkatnya Mbps adalah megabits per second ini satuan kecil, sedangkan MBps adalah megabyte per second satuan besar. Bila ada pertanyaan lebih lanjut mengenai Mbps adalah apa? atau MBps adalah apa bisa tanyakan di media sosial kami pada kolom komentar. semoga artikel Mbps Adalah | Perbedaan Mbps (Megabits per second) dan Megabyte per second – Blog IndiHome 2022 dapat bermanfaat dan memberikan ilmu pengetahuan tambahan untuk Anda.

Loading...
Banner Shoppe Orbit Aff Telkom Telkomsel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

   Landingpage Shoppe Affiliate Telkomsel Orbit