Pasang Wifi / Internet Dirumah Apa Saja Yang Perlu Di Perhatikan Sebelum Pasang ? Ini Dia Penjelasannya

Perhatikan Sebelum Berlangganan & Pasang Wifi / Internet Dirumah

Pasang Wifi Dirumah – Saat ini kebutuhan akan Internet hampir sama dengan kebutuhan pokok seperti makan, minum, dan tidur.

Sama halnya dengan koneksi internet, siapa yang sanggup tidak membuka internet seharian untuk era modern seperti ini ? Jawabannya pasti tidak ada ya ..

Nah untuk kamu yang ingin pasang wifi ataupun koneksi internet broadband dirumah perlu perhatikan hal berikut ini agar kamu bisa menikmati koneksi internet dirumah, kantor, apartemen, kost dan pastinya dengan nyaman ya

Simak berikut ini sebelum kamu mengajukan pasang wifi & internet dirumah baik pasang indihome ataupun provider internet lainnya.

  1. Teknologi Yang Digunakan
  2. Jangkauan Provider / Coverage
  3. Mbps Atau Kecepatan Koneksi Internet Yang Sesuai Kebutuhan
  4. Paket Yang Di Tawarkan

Teknologi yang digunakan penting sebelum melakukan pemasangan WiFI untuk rumahmu

Sebelum pasang Wifi sebaiknya kamu juga harus melihat perkembangan dalam teknologi, seharusnya teknologi yang digunakan akan semakin membaik juga, Begitu pula dengan teknologi internet yang digunakan provider yang ingin kamu gunakan.

Dalam kasusnya teknologi atau jaringan untuk koneksi wifi ataupun internet dirumah saat ini sudah seharusnya menggunakan jaringan fiber optic, Namun Masih banyak provider yang belum menggunakan jaringan fiber optic, kemudian teknologi apa saja yang digunakan dalam pembangunan jaringan internet? simak dibawah ini

    •  Teknologi ADSL :

      Asymmetric digital subscriber line (dipersingkat ADSL) adalah wujud dari tehnologi digital subscriber line. Keunikan ADSL ialah karakternya yang asimetrik, hingga data ditransferkan dalam kecepatan yang lain dari 1 segi ke segi lainnya.

      Sejarahnya nih : Sebelum ADSL, ada metode yang disebut dial-up. Metode ini memakai sambungan kabel telephone sebagai jaringan penyambung dengan penyedia layanan Internet. Akan tetapi pada penggunaannya, dial-up mempunyai beberapa kekurangan. Seperti rendahnya kecepatan dalam mengakses Internet, ditambah pada waktu tertentu yang merupakan waktu sibuk atau office hour. Disamping itu, sebab memakai jaringan telepon, kita tidak dapat memanfaatkan telephone jika sedang menggunakan jaringan Internet. Pemakaian jaringan telepon memungkinkannya tingginya tingkat masalah atau noise jika sedang memakai Internet. Kekurangan yang lain ialah metode perhitungan biaya dial-up yang berdasarkan waktu serta mahal.

      ADSL adalah satu dari beberapa macam DSL, selain SDSL, GHDSL, IDSL, VDSL, serta HDSL. DSL adalah tehnologi akses Internet memakai kabel tembaga, kerap disebutkan sebagai tehnologi suntikan atau injection technology yang menolong kabel telephone biasa dalam mengantarkan data dalam skala besar. DSL sendiri bisa ada karena ada satu perangkat yang disebut digital subscriber line access multiplexer. Untuk capai tingkat kecepatan yang tinggi, DSL memakai signal frekwensi sampai 1 MHz. Beda hal untuk ADSL, signal frekwensi yang digunakan cuman sekitar di antara 20 KHz sampai 1 MHz. Sementara untuk pemakaian ADSL di Indonesia seperti Speedy, kecepatan yang dijajakan sekitar di antara 1024 kbps untuk downstream serta 128 kbps untuk upstream. Kecepatan downstream berikut yang jadikan ADSL lebih pas untuk pemakaian individu. biasanya, pemakai individu semakin banyak aktivitas menerima, dibanding aktivitas mengirim. Seperti mengunduh data, gambar, musik, maupun video.

      Cara penggunaan ADSL Untuk Pasang Wifi

      Tentang hal beberapa cara pemakaian ADSL di Indonesia untuk pasang wifi, pertama tersedianya perangkat ADSL. Kemudian, pemeriksaan keberadaan nomor telephone yang disiapkan Telkom Indonesia. Penting diingat jarak di antara gardu Telkom dengan posisi tempat pemasangan. Jarak benar-benar punya pengaruh untuk kecepatan jaringan Internet yang memakai tehnologi ASDL. Sesudah nomor telephone telah tercatat serta jarak sudah diperhitungkan, selanjutnya adalah pemasangan ADSL untuk jaringan telepon.

      Untuk menghubungkan antara ADSL dengan line telephone, ada satu alat yang disebut sebagai splitter atau pembagi line. Splitter berperan untuk menghilangkan masalah saat memakai Internet serta berbicara lewat telephone secara bersamaan.

      Karakteristik ADSL

      Perute dengan pasang WiFi yang biasa digunakan untuk jaringan area lokal dengan koneksi ASDL.

      ADSL mempunyai berbagai macam kecepatan akses, bergantung macam router, USB, serta perangkat yang lain ada didalamnya. Misalkan ada yang bisa digunakan untuk 2 computer dengan memakai sambungan USB, tapi ada pula yang bisa dipakai untuk 4 computer dengan jaringan LAN. Lebih bagus pilih modem ADSL yang ada tombol on serta off, agar bisa mengendalikan penggunaan jaringan sekitar yang kita perlukan serta mengirit ongkos jaringan yang dipakai. Ditambah di Indonesia masih memakai perhitungan waktu atau jumlahnya bandwidth yang dipakai.

      Poin utama lain yang dimiliki oleh modem ADSL ialah adanya lampu tanda yang berguna mengetahui jalannya proses koneksi yang berlangsung. Biasanya lampu yang ada di modem ADSL ialah lampu PPP, power, serta DSL. Ada pula lampu tambahan jika kita memakai jaringan Eternet serta USB.

      Dari 3 lampu tanda yang ada di modem, yang paling penting ialah lampu PPP serta DSL. Lampu DSL memperlihatkan jaringan telah tersambung secara baik untuk line. Sementara lampu PPP memperlihatkan ada arus data saat seorang lakukan searching.

      Setelah perangkat lengkap, poin penting dalam pemanfaatan ADSL di Indonesia ialah penggunaan IP modem serta password. Ini dipakai membuat perlindungan penggunaan layanan untuk customer yang diberi oleh penyedia layanan Internet. Alamat IP yang kita punya bisa menjadi gerbang untuk masuk jaringan. Bila kita mengganti sandi untuk login, maka kita perlu memasukkan kembali sesuai perubahan yang dilakukan. Jika semua proses sesuai prosedur, maka jaringan Internet dengan ADSL bisa dipakai.

      Pemakaian ADSL di Indonesia sekarang ini bukan hanya berkisar cuman di pulau Jawa, tapi telah semakin makin tambah meluas ke pelosok daerah Indonesia. Meskipun kualitas yang dijajakan ada banyak alami permasalahan. Adanya ADSL dalam akses Internet, ini benar-benar menolong dibanding dengan lama yang memakai metode dial-up.

      Kelebihan ADSL

      Pembagian frekwensi jadi 2, yakni frekwensi tinggi untuk menghantarkan data, sementara frekwensi rendah untuk menghantarkan suara serta faksimile.

      Kekurangan ADSL Bila Digunakan Untuk Pasang Wifi

      Sebelumnya bila ingin pasang wifi menggunakan ADSL, ADSL ini berpengaruh jarak pada kecepatan pengiriman data. Semakin jauh jarak antara modem dengan komputer, atau saluran telepon kita dengan digital subscriber line access multiplexer yang terdapat di gardu telepon, maka semakin lambat pula kecepatan mengakses Internet.

      Pasang Wifi menggunakan kabel tembaga masih dominan digunakan, karena kabel serat optik masih belum merata digunakan. Hal ini menjadi akses Internet belum maksimal seperti yang diharapkan untuk penggunaan data saat ini.

       Teknologi Hybrid Fiber Coaxial :


Hybrid Fiber Coaxial
atau HFC ialah tehnologi jaringan telekomunikasi broadband yang menyatukan kabel koaksial serta kabel serat optik. Gabungan di antara kabel koaksial serta serat optik ini dipakai untuk membawa beberapa konten broadband seperti video, data, suara, serta layanan interaktif lainnya yang memakai kabel koaksial serta serat optik. Hybrid Fiber Coaxial dioperasionalkan dengan global oleh jaringan kabel. HFC diketahui juga bernama Hybrid Fiber Coax. Jaringan serat optik untuk HFC bisa memanjang dari head-end operator kabel utama hingga ke node-node serat optik yang bisa melayani kurang lebih 25 sampai 2000 rumah. Head-end utama terdiri dari piring-piring satelit yang berperan untuk terima sinyal-sinyal video jarak jauh.

Keunggulan Hybrid Coaxial

Dengan memakai HFC, satu perusahaan CATV lokal bisa memasang kabel serat optik dari kabel head-end (kabel utama pendistribusi) untuk melayani node-node yang berada di dekat daerah industri serta permukiman pengguna. Keunggulan HFC ialah mempunyai bandwidth yang besar, tingkat kebisingan yang rendah, serta tahan pada masalah cuaca. HFC mempunyai beberapa karakter yakni kabel serat optik bisa dibawa ke dekat pengguna tak perlu menukar kabel koaksial yang sudah diinstall di daerah permukiman serta industri.

  • Teknologi Fiber Optik :

    Serat optik atau tehnologi fiber optik ialah aliran transmisi atau semacam kabel yang dibuat dari kaca atau plastik yang paling lembut serta lebih kecil dari satu helai rambut, serta bisa dipakai untuk mentransmisikan signal cahaya dari satu tempat ke lain tempat. Sumber sinar yang dipakai umumnya ialah laser atau LED. Kabel ini dengan diameter lebih kurang 120 mikrometer.

    Sinar yang ada dalam serat optik tidak keluar sebab index bias dari kaca semakin besar dibanding index bias dari udara, sebab laser memiliki spektrum yang paling sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangatlah baik digunakan menjadi aliran komunikasi.

    Perubahan tehnologi serat optik sekarang ini, sudah dapat menghasilkan pelemahan (attenuation) kurang dari 20 decibels (dB)/km. Dengan lebar lajur (bandwidth) yang besar hingga kekuatan dalam mentransmisikan data bertambah lebih banyak serta cepat dibandingan dengan pemakaian kabel konservatif. Dengan begitu serat optik benar-benar pas digunakan khususnya dalam program metode telekomunikasi. Untuk konsepnya serat optik memantulkan serta membiaskan beberapa sinar yang menjalar di dalamnya.

    Efektivitas dari serat optik ditentukan oleh kemurnian dari bahan penyusun gelas/kaca. Makin murni bahan gelas, semakin berkurang cahaya yang diserap oleh serat optik.

Sejarah Fiber Optik

Penggunaan cahaya sebagai pembawa informasi sebenarnya sudah banyak digunakan sejak zaman dahulu, baru sekitar tahun 1930-an para ilmuwan Jerman mengawali eksperimen untuk mentransmisikan cahaya melalui bahan yang bernama serat optik. Percobaan ini juga masih tergolong cukup primitif karena hasil yang dicapai tidak bisa langsung dimanfaatkan, namun harus melalui perkembangan dan penyempurnaan lebih lanjut lagi. Perkembangan selanjutnya adalah ketika para ilmuawan Inggris pada tahun 1958 mengusulkan prototipe serat optik yang sampai sekarang dipakai yaitu yang terdiri atas gelas inti yang dibungkus oleh gelas lainnya. Sekitar awal tahun 1960-an perubahan fantastis terjadi di Asia yaitu ketika para ilmuwan Jepang berhasil membuat jenis serat optik yang mampu mentransmisikan gambar.

Di lain pihak para ilmuwan selain mencoba untuk memandu cahaya melewati gelas (serat optik) namun juga mencoba untuk ”menjinakkan” cahaya. Kerja keras itupun berhasil ketika sekitar 1959 laser ditemukan. Laser beroperasi pada daerah frekuensi tampak sekitar 1014 Hertz-15 Hertz atau ratusan ribu kali frekuensi gelombang mikro.

Pada awalnya peralatan penghasil sinar laser masih serba besar dan merepotkan. Selain tidak efisien, ia baru dapat berfungsi pada suhu sangat rendah. Laser juga belum terpancar lurus. Pada kondisi cahaya sangat cerah pun, pancarannya gampang meliuk-liuk mengikuti kepadatan atmosfer. Waktu itu, sebuah pancaran laser dalam jarak 1 km, bisa tiba di tujuan akhir pada banyak titik dengan simpangan jarak hingga hitungan meter.

Sekitar tahun 60-an ditemukan serat optik yang kemurniannya sangat tinggi, kurang dari 1 bagian dalam sejuta. Dalam bahasa sehari-hari artinya serat yang sangat bening dan tidak menghantar listrik ini sedemikian murninya, sehingga konon, seandainya air laut itu semurni serat optik, dengan pencahayaan cukup mata normal akan dapat menonton lalu-lalangnya penghuni dasar Samudera Pasifik.

Seperti halnya laser, serat optik pun harus melalui tahap-tahap pengembangan awal. Sebagaimana medium transmisi cahaya, ia sangat tidak efisien. Hingga tahun 1968 atau berselang dua tahun setelah serat optik pertama kali diramalkan akan menjadi pemandu cahaya, tingkat atenuasi (kehilangan)-nya masih 20 dB/km. Melalui pengembangan dalam teknologi material, serat optik mengalami pemurnian, dehidran dan lain-lain. Secara perlahan tetapi pasti atenuasinya mencapai tingkat di bawah 1 dB/km.

Kelebihan Serat Optik

Dalam penggunaan serat optik ini, terdapat beberapa keuntungan antara lain:

  1. Lebar jalur besar dan kemampuan dalam membawa banyak data, dapat memuat kapasitas informasi yang sangat besar dengan kecepatan transmisi mencapai gigabit-per detik dan menghantarkan informasi jarak jauh tanpa pengulangan.
  2. Biaya pemasangan dan pengoperasian yang rendah serta tingkat keamanan yang lebih tinggi.
  3. Ukuran kecil dan ringan, sehingga hemat pemakaian ruang.
  4. Imun, kekebalan terhadap gangguan elektromagnetik dan gangguan gelombang radio.
  5. Non-Penghantar, tidak ada tenaga listrik dan percikan api.
  6. Tidak berkarat.

Jangkauan jaringan provider di lokasi yang ingin di pasang wifi

Sebelum kamu pasang wifi untuk dirumah ataupun dilokasi tempat kamu kerja, Pastikan dahulu jangkauan yang ingin kamu pasang sudah tersedia ataupun tercover jaringannya.

untuk memastikan ketersedian jaringannya kamu bisa tanyakan langsung ke sales ataupun cs dari provider yang ingin kamu pilih, misal kamu ingin pasang wifi indihome, maka kamu hanya tinggal mengikuti cara pasang wifi indihome disini.

untuk provider lain indihome.web.id tidak tahu bagaimana cara menghubunginya, silahkan tanyakan ke sales dari provider atau layanana yang ingin kamu nikmati ya biasanya mereka menyediakan aplikasi atau sistem untuk pengecekan secara online.

Berapa kecepatan mbps yang dibutuhkan

sebelum pasang wifi pastikan kamu telah memilih kecepatan ataupun mbps sesuai kebutuhan kamu, contohnya bila kamu menggunakan satu perangkat dirumah untuk bermain game online kecepatan yang dibutuhkan 5 Mbps, bila pengguna game online ada 5 dirumahmu maka kecepatan yang kamu pilih disarankan 25 Mbps. perhaikan hal berikut ini

  • memahami jumlah anggota keluarga yang menggunakan internet dirumah :
    Kecepatan internet akan turun bila dipakai oleh beberapa pengguna sekalian. Jadi, cari info lebih dulu jumlah pengguna di dalam rumah serta bagusnya pilih bandwith yang semakin besar supaya semakin nyaman
    • memahami jumlah perangkat yang terkoneksi internet :
      Kecepatan bandwidth dikuasai oleh jumlah perangkat yang tersambung dengan internet di saat berbarengan. Jadi, saat sebelum pilih kecepatan internet, seharusnya Sahabat pahami jumlah perangkat yang akan tersambung di dalam rumah, ya.
  • pahami koneksi yang digunakan keluarga dirumah untuk apa saja :
    Keperluan kecepatan internet tentu saja berbeda bergantung dengan aktivitas yang Kamu serta bagian keluarga kerjakan.
  • Light User (Pengguna Internet dengan Aktivitas Ringan)sebelum pasang wifi indihome cek dahulu berapa sih kira2 mbps yang cocok Aktivitas: Browsing, email, download gambar dan musik, streaming video berkualitas SD.
  • Moderate User (Pengguna Internet dengan Aktivitas Sedang) Aktivitas: Browsing, email, download gambar dan musik, video conference call, streaming video berkualitas HD.
  • Heavy User (Pengguna Internet dengan Aktivitas Berat) Aktivitas: Browsing, email, download gambar dan musik, video conference call, streaming video berkualitas UHD/4K.
    • pahami koneksi baik lokal maupun interlokal :
      Kecepatan internet dipengaruhi oleh traffic atau tingkat pemakaian internet dengan regional serta global. Oleh karenanya, IndiHome memiliki komitmen untuk selalu jaga kestabilan jaringan service internetnya supaya Kamu semakin nyaman.

    nah rata2 penggunaan dirumah yang indihome.web.id rangkum bisa pada gambar dibawah ini

    sebelum pasang wifi indihome cek dahulu berapa sih kira2 mbps yang cocok

    sebelum pasang wifi indihome cek dahulu berapa sih kira2 mbps yang cocok

     

    Paket yang ditawarkan oleh provider

    mau pasang wifi tapi bingung dengan paket yang ditawarkan, kamu bisa bandingkan dengan penjelasan diatas mulai dari teknologi yang digunakan sampai dengan jangkauannya, untuk kamu yang ingin tahu harga paket indihome serta ingin mengajukan untuk berlangganan indihome bisa cek disini.

    untuk paket wifi yang ditawarkan provider lainnya bisa cek disini